x
x

Share This Story

Kenali Penyebab Benjolan di Payudara

Mutia Nugraheni Senin, 22 Oktober 2012, 15:45 WIB

VIVAlife - Memeriksa payudara sendiri sebaiknya Anda lakukan secara teratur sehabis mandi. Sehingga ketika ada yang aneh atau sakit, Anda bisa langsung menyadarinya. Jika saat meraba payudara dan menemukan benjolan, jangan langsung panik.

Benjolan tak selalu jadi pertanda tumor atau kanker payudara. Ahli dari Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute memberitahu bagaimana cara mudah mengenali benjolan di payudara, seperti dilansir Health.com.

Tapi, ini sebagai langkah awal saja. Untuk mengetahui apakah itu berbahaya atau tidak tetap dibutuhkan pemeriksaan medis.

1. Kumpulan benjolan

Saat dipegang, terasa lembut, seperti kumpulan buah anggur. Ketika ditekan terasa agak sakit dan saat disentuh ukurannya bisa kecil bisa besar. Ini bisa jadi kista atau kantung berisi cairan alami.

Penyebabnya adalah perubahan hormon menjelang menstruasi. Sebanyak 30 persen wanita berusia antara 35 hingga 50 mengalami hal ini. Sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk melihat isi cairan dalam benjolan tersebut.

2. Cairan
Payudara terasa kencang dan keluar cairan dari kedua puting seperti susu. Bisa jadi ini pertanda kehamilan, atau Anda tidak hamil tapi mengalami masalah hormon. Bisa juga akibat konsumsi pil kontrasepsi. Segera periksakan diri ke dokter.

3. Benjolan lembut

Saat dipegang terasa lembut, ukurannya sekitar satu hingga empat inci. Bisa ada di kedua payudara atau salah satu dan muncul sebelum haid. Penyebabnya kemungkinan perubahan fibrokistik.

Hal ini terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron, yang dapat mengentalkan jaringan payudara. Hal ini terjadi pada lebih dari 50 persen wanita dan sering datang dan pergi sampai menopause.

Jika disertai benjolan muncul disertai rasa sakit Anda bisa mengonsumsi acetaminophen atau ibuprofen. Kenakan juga bra yang nyaman dan berbahan lembut. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan kafein akan sangat membantu mengurangi rasa sakit. Jika tak kunjung hilang, segera periksa ke dokter.

4. Benjolan keras

Benjolan terasa keras dan padat, saat ditekan memiliki sisi yang tidak teratur atau bergerigi. Saat dipegang seperti tak mau bergerak atau ketika ditekan bentuknya tetap. Ini bisa jadi tumor atau kanker.

Jika keluarga ada yang pernah mengalami kanker payudara, segera lakukan pemeriksaan mammogram. Konsultasilah dengan dokter dan jangan ditunda.

© VIVA.co.id

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER