x
x

Share This Story

Tak Ada Petasan Selama Ramadhan

Desy Afrianti, Siti Ruqoyah Kamis, 21 Juli 2011, 14:55 WIB

VIVAnews - Menjelang bulan Ramadhan, kepolisian akan melakukan razia petasan. Langkah itu diambil untuk mengantisipasti maraknya pengguna petasan yang dapat membahayakan keselamatan warga.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar mengimbau warga tidak membeli atau menggunakan petasan. Sebab, meskipun berdaya ledak ringan, namun ledakan petasan dapat memicu terjadinya kebakaran. 

"Kami sudah melakukan pengecekan. Petasan tidak boleh ada di bulan puasa ini. Ada petasan yang boleh digunakan dengan syarat beratnya tidak boleh melebihi 20 miligram mesiu, dan diameternya hanya 2 inci saja," ujar Baharudin di Jakarta, Kamis 21 Juli 2011.

Menurutnya, jika masih ada warga yang ingin menyalakan petasan melebihi syarat yang ditentukan, maka harus meminta izin khusus kepada Mabes Polri, untuk kemudian diledakkan langsung oleh juru ledak.

Dirinya menyontohkan, petasan yang biasanya diledakkan oleh juru ledak biasanya seperti acara-acara besar. Misalnya pesta kembang api saat tahun baru.

Sementara itu, Baharudin menjelaskan, untuk mengamankan jalannya ibadah puasa, Polda Metro Jaya menurunkan sekitar dua pertiga personelnya. "Yakni sekitar 20.000 personel yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya,"jelas dia. (umi)

© VIVA.co.id

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER